Atasi Banjir, BWS Sumatera II Akan Normalisasi 4 Sungai di Sergai

Sebarkan:
Bupati Sergai, H. Darma Wijaya bersama forkopimda menggelar rakor penanganan banjir. (foto:mm/ist)
SEI RAMPAH (MM) – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya memimpin rakor penanganan banjir, Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di aula Sultan Serdang Kantor Bupati, Jumat (16/12/2022). Langkah awal yaitu dengan melakukan normalisasi sungai Belutu, Bamban, Martebing, dan Bah Hilang.

Bupati Darma Wijaya mengatakan rakor kali ini untuk memperkuat sinergitas dalam penanganan banjir di sejumlah kecamatan akibat dampak tingginya curah hujan, apalagi menjelang Nataru, khususnya di Sergai.

“Penanganan banjir merupakan tanggungjawab semua pihak, mulai dari pusat, provinsi, hingga daerah. Semua terlibat dan harus ditangani mulai dari hulu hingga hilir. Salah satunya aspek penting yaitu disebabkan penyempitan dan alih fungsi lahan,” terang Darma Wijaya.

Namun begitu, penanganan banjir harus dilakukan secepatnya karena telah mengganggu aktivitas masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan normalisasi sungai secepatnya.

Untuk itu, Bupati meminta BWS Sumatera II untuk melakukan kewenangannya untuk bersinergi dengan stakeholder Pemkab Sergai, khususnya  terutama forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Sergai. 

“Masyarakat kami sudah sangat resah dengan kondisi banjir. Masyarakat juga menegaskan, bantuan beras, mi, atau sembako, bukanlah yang utama. Yang mereka inginkan adalah lingkungan yang bebas banjir,” pungkas Bupati.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0204/DS Letkol. Czi Yoga Febrianto, SH. Menurutnya normalisasi bisa menjadi salah satu solusi yang bisa diintensifkan, mengingat masyarakat sudah memberi dukungan penuh dengan tidak meminta ganti rugi.

“Kami berharap, di tahun 2023 BWS harus sudah bisa menentukan langkah-langkah konkret. Misalnya saja di mana titik yang akan didirikan tanggul pada sungai yang mengaliri Sergai. Sebelumnya Pemkab Sergai dan TJSLP sudah melakukan upaya yang semaksimal mungkin dan ini perlu diapresiasi,” katanya.

Sebelumnya perwakikan BWS Sumatera II Jofwanda Surbakti mengungkapkan pihaknya sudah merencanakan aksi pada tahun 2023 yaitu normalisasi beberapa sungai seperti Sungai Belutu, Bamban, Martebing, dan Bah Hilang. “Selain itu kami berencana membangun tanggul, terutama di Sungai Belutu. Semoga rencana tersebut bisa segera direalisasikan,” katanya.

Rakor kali ini juga diikuti oleh Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Anggota DPRD Sergai Robert Butar-butar, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Sergai, dan perwakilan pihak terkait. (rasum)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com