Jelang Pemilu 2024, DPD PAN Sergai Gelar TOT Saksi TPS untuk Wilayah Sergai dan Tebing Tinggi

Sebarkan:
Ketua Bawaslu Sergai Agusli Matondang menjadi narasumber pada pelatihan saksi partai DPD PAN Sergai dan Tebing Tinggi. (foto:mm/ist)
SERDANG BEDAGAI (MM) - DPD PAN Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Training Of Trainer (TOT) bagi para saksi pada Pemilu 2024 untuk wilayah Sergai dan Kota Tebing Tinggi, di Sekretariat di Sei Rampah, Minggu (4/12/2022).

Kegiatan dihadiri Sekretaris DPW PAN Sumut H. Hendra Cipta, Ketua DPD PAN Sergai Junaidi S didampingi Sekretaris Nahwan S.Ag, Ketua DPD PAN Kota Tebing Tinggi H. Syamsul Bahri didampingi Sekretaris Hamzah, Anggota DPRD Sergai Fraksi PAN H Ngatiman,  Darmalina Saragih, Badan Saksi Wilayah Sumut Suartono Wea, Lutfi Pengurus DPD PAN Kab. Sergai dan Kota Tebing Tinggi serta seluruh para calon saksi DPD PAN Sergai.

Ketua Bawaslu Sergai, Agusli Matondang SH, mengatakan, saksi sangat penting dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS untuk turut serta dalam menjaga Pemilu yang berkualitas. 

"Tentu kami menyadari sebagai pengawasan ada keterbatasan jumlah sumber daya dengan SDM yang berkualitas. Hal ini menyangkut usia pengawas di TPS pada Pemilu 2019, dimana pengawas ditugaskan untuk mendokumentasikan hasil penghitungan suara di TPS untuk tujuan rekap cepat secara elektronik, dan kendalanya terkait dengan penguasaan teknologi," paparnya di hadapan peserta.

Sambung Agusli, penguatan saksi partai didalam TPS penting, begitupun yang berada di luar lingkaran TPS. Saksi luar ini tentu dapat memberikan catatan pergerakan jika ada ditemukan indikasi politik uang secara struktur dan massif. 

“Jika ini ditemukan merupakan pelanggaran tindak pidana pemilu. Karenanya kita berharap para saksi ini mampu untuk melakukan pengawasan terjadinya politik uang," pungkasnya.

Pengawasan perlu dilakukan dari Tingkat TPS, PPS, PPK Kecamatan sampai Kabupaten. Hal ini agar tidak terjadi pergeseran suara sehingga merugikan berbagai pihak. Namun Ia melihat pergeseran suara itu kerap terjadi didalam internal partai, dan untuk di luar partai lain besar kemungkinan kecil terjadi.

Sementara itu Sekretaris DPW PAN Sumatera Utara H . Hendra Cipta.SE didampingi Ketua DPD PAN Sergai Junaidi S, d ihadapan peserta TOT bagi Saksi PAN menekankan untuk terus menjaga kader-kader PAN. Kader ini merupakan harta yang paling berharga. Untuk itu DPD PAN Kabupaten Sergai menyusun kepengurusan dari Tingkat Cabang , Ranting dan Rayon sehingga dalam menghadapi  Pemilu 2024 Partai Amanat Nasional semakin kuat.

"PAN harus bisa mencapai 12 kursi di DPRD Provinsi Sumatera sehingga kita paling tidak mendapatkan Wakil Ketua DPRD, dan hal itu dapat diwujudkan jika keterwakilan Kabupaten Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi  mampu untuk menghantarkan 1 orang  duduk menjadi anggota DPRD Provinsi, dan diikuti daerah lainnya," tandasnya. (rasum)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com