Mahasiswa IAP FISIP UMSU PPL Menyusun Perencanaan Pembangunan Pemkot Siantar

Sebarkan:

PEMATANG SIANTAR (MM) - Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Prodi IAP FISIP UMSU) melakukan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) di berbagai instansi di jajaran Pemko Pematangsiantar. 

PPL berlangsung dari tanggal 28 November hingga 4 Desember 2022, diikuti 63 mahasiswa yang tergabung dalam Konsentrasi Kebijakan dan Pembangunan. Para mahasiswa ditempatkan secara berkelompok di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kantor Kecamatan hingga Kantor Kelurahan.

Ketua Program studi IAP FISIP UMSU, Ananda Mahardika, MSP didampingi Sekretaris Prodi, Jehan Ridho Izharsyah, MSi mengatakan, PPL kali ini fokus kepada penyusunan perencanaan pembangunan dan naskah akademik.

“PPL ini juga sekaligus mengimplementasikan kurikulum SN-DIKTI Berbasis Outcame Based Education (OBE) dan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya di sela-sela pembukaan PPL, Senin (28/12/2022).

Pembukaan PPL dilaksanakan di Balai Pemerintahan Kota Pematangsiantar, Senin 28 Desember 2022. Saat itu mahasiswa IAP langsung diantar Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh, MSP dan WD 1 Dr. Abrar Adhani, M.Ikom. Selain Ananda Mahardika, S.Sos.,M.SP (Ketua Program studi IAP FISIP UMSU) dan Jehan Ridho Izharsyah, S.Sos.,MSi (Sekretaris IAP FISIP UMSU) turut juga hadir beberapa dosen Pendamping Lapangan seperti Dr. Siti Hajar, M.SP, Nalil Khairiah, M.Pd, Dedi Amrizal, M.Si, Khaidir Ali, M.PA, Rafieqah Nalar Rizki, MA, Affan Alquddus, MSi dan Sigit Hardiyanto, M.Ikom (Kepala Laboratorium FISIP UMSU).

Para mahasiswa diterima langsung Staf Ahli Walikota Pematangsiantar Bidang Pemerintahan, Dra. Happy Oikumenis Daely.

Happy menyampaikan terima kasih telah mempercayakan Pemerintah Kota Pematangsiantar sebagai mitra dan tujuan lokasi PPL mahasiswa Prodi IAP FISIP UMSU.

“Ini artinya, FISIP UMSU mempercayakan Pemko Pematangsisntar sebagai lokasi pembelajaran dan berkolaborasi dalam memajukan Kota Pematangsiantar ke depannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar yang menerima dan menyambut mahasiswa dan dosen-dosen dalam rangka pelaksanaan PPL.

”PPL ini pasti bermanfaat untuk mahasiswa. Kami berterima kasih kepada Wali Kota Pematangsiantar yang sudah memberi izin dan memfasilitasi pelakasanaan PPL ini. Mudah-mudahan kerja sama ini akan berlanjut dan bisa dikembangkan ke berbagai kegiatan lainnya,” kata Arifin. (nasti)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini