RTIK Sumut Percepat Pembentukan Pengurus di 33 Kabupaten/Kota

Sebarkan:
Pengurus Wilayah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). (foto:mm/ist)
MEDAN (MM) - Setelah dikukuhkan melalui sidang Musyawarah Wilayah (Muswil) pada Oktober lalu, Pengurus Wilayah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan berbagai langkah strategis membesarkan RTIK di Sumut. 

Ketua Pengurus Wilayah RTIK Sumut Anwar S. Siregar, usai menggelar Raker dan Pelatihan Sertifikasi Digital Marketing dan Disain Multimedia Madya di Gedung BBPSDMP Kominfo Medan, dengan mengundang Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus.

Sebagai langkah awal, RTIK Sumut sudah terdaftar di Kesbangpol Provsu dengan nomor : 220/7001/Bakesbangpol/XII/2022. Kemudian melakukan silaturahmi dengan Diskominfo Provsu dan Balai Besar Pengembangan Sember Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP).

Selanjutnya RTIK menggelar rapat kerja (Raker) pada Senin, 26 Desember 2022, yang menyepakati 7 Program 10 kegiatan dan 20 Sub kegiatan pada program tahun 2023.

Selain itu, RTIK Sumut juga menggelar Pelatihan & Uji Kompetensi dengan Sertifikasi BNSP, kepada 58 peserta pada 27-28 Desember 2022 kemarin.

Sambung Anwar S. Siregar, pihaknya telah mengggelar rapat kerja (Raker) sebelumnya untuk memantapkan program yang akan dijalankan pada periode kepengurusan  2022-2026, termasuk memfasilitasi kegiatan pelatihan sertifikasi bagi para profesional di banyak bidang profesi.

Rapat kerja juga menghasilkan kesepakatan untuk percepatan pembentukan organisasi Pengurus Cabang RTIK di 33 Kabupaten/Kota hingga tingkat Komisariat di berbagai kampus dan unit kerja. 

Untuk itu, pihaknya siap menjalin kemitraan dengan berbagai instansi seperti Dinas Kominfo Provinsi Sumut dan Kab/Kota, BBPSDMP Kemenkominfo Medan dan lembaga lainnya. Apalagi dukungan juga diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Mengenai pelatihan dan sertifikasi, perserta berjumlah 58 orang yang berasal dari berbagai instansi di Pemprov Sumut, Pemkab Deliserdang dan Paluta hingga Relawan TIK Sumut. Pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan selama dua hari mulai dari 27-28 Desember 2022," ungkap Anwar, kemarin.

Ke depan RTIK Sumut akan terus merencanakan berbagai kegiatan yang sifatnya pelatihan dalam meningkatkan kualitas SDM di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dalam sambutannya menyatakan bahwa perkembangan pesat dunia digitalisasi, menjadikan literasi digital sebagai satu hal yang sangat penting. Karenanya keberadaan RTIK dianggap sebagai potensi yang dibutuhkan untuk masyarakat.

Karenanya, Dinas Kominfo Sumut menyambut dan mengapresiasi kehadiran RTIK Sumut untuk bersinergi meningkatkan literasi digital masyarakat. 

"Ayo sama-sama kita mengedukasi masyarakat kita di Sumut dengan literasi digital, karena ini sangat penting, agar kemampuan atau kecakapan masyarakat ketika berinternet semakin tinggi," kata Ilyas yang membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Selain itu, Ilyas juga mendukung agar RTIK bisa terbentuk di kabupaten/kota. Sehingga programnya dapat menjangkau hingga ke desa-desa. Untuk itu, pihaknya mendukung pembentukan relawan ini di berbagai daerah di Sumut.

"Nanti kalau ada Rakor Kominfo se-Sumut kami undang kawan-kawan pengurus RTIK Sumut, untuk mendengar masukan dari kabupaten/kota," kata Ilyas.

Ilyas juga mengapresiasi kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang diadakan RTIK tersebut. Menurutnya Indonesia, khususnya Sumut saat ini membutuhkan tenaga digital yang sangat besar jumlahnya. Mengingat kebutuhan industri digital yang juga besar.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat dan menambah kapasitas kawan-kawan peserta khususnya di bidang literasi digital," tukas Ilyas. (mm/rel)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini