Sei Agul Dicanangkan Jadi Kelurahan Cantik

Sebarkan:
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Muhammad Sofyan. (foto:mm/ist)
MEDAN (MM) - Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat dicanangkan menjadi Kelurahan Cinta Statistik (Cantik), sekaligus terpilih mengikuti kompetisi Kelurahan Cantik Nasional.

Pencanangan ini digelar Rabu (28/12) di halaman kantor Kelurahan Sei Agul, dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Muhammad Sofyan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Medan, Enny Nuryani Nasution, Camat Medan Barat Lilik juga  segenap camat se-Kota Medan, serta lurah dan kepala lingkungan se-Kecamatan Medan Barat.

Sofyan menyampaikan, Kelurahan Cantik secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelurahan dalam mengindentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki kelurahan dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini, lanjutnya, harus dilakukan melalui pengelolaan data yang bersifat pemenuhan kebutuhan, pengembangan pendataan yang sesuai dengan potensi kelurahan, implementasi pemanfaatan data dalam kebijakan pembangunan kelurahan dan peningkatan literasi statistik masyarakat kelurahan.

"Sebab itu, BPS juga memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan statistik sektoral di tingkat kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif yang diwujudkan melalui Kelurahan Cantik ini," sebut Sofyan.  

Selain Kelurahan Sei Agul, program Kelurahan Cantik ini juga dilaksanakan di Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah. Kedua Kelurahan ini pula yang akan mengikuti kompetisi Kelurahan Cantik tingkat nasional.

Kegiatan ini ditandai pula dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Badan Pusat Statistik dengan Pemko Medan. Dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani Kepala BPS Medan Enny Nuryani Nasution dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Medan, Muhammad Sofyan.

Selain itu turut disepakati untuk bersama meningkatkan kualitas dan akurasi data di pemerintahan kelurahan dalam mewujudkan single data system bagi pembangunan Kota Medan. (achmad rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini