Tim Mata Kita FISIP UMSU Raih Emas PIMNAS 2022

Sebarkan:
Tim Mata Kita FISIP UMSU foto bersama dengan WR 3 UMSU Dr. Rudianto, MSi (kanan), WD 3 FISIP Dra. Yurisna Tanjung dan Dosen Pendamping Sahran Saputra, M.Si (tengah) usai menerima medali emas Pimnas 2022.(foto:mm/ist)
MEDAN (MM) - Tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) yang terpilih ikut dalam ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 35 tahun 2022 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang sukses meraih prestasi gemilang. Kelompok mahasiswa yang berasal dari Program Studi Kesejahteraan Sosial itu berhasil memperoleh penghargaan setara medali emas.

Dalam penutupan  Pimnas ke-35  yang digelar, malam Minggu (3/4), tim mahasiswa FISIP UMSU yang terdiri dari Muhammad Rionaldo, Indah Adelia, Zayyan Ramadhanti dan Aini Tasya meraih penghargaan setara emas dalam kompetisi poster Kelas PKM-PM 1. Karyanya berjudul, 

"Pengembangan model mikro volunteer berbasis aplikasi digital sebagai mediator relawan guna membantu aktivitas keseharian penyandang tunanetra di DPD PERTUNI SUMUT," berhasil menarik perhatian dewan juri dan mengalahkan karya ilmiah lainnya.

Kelompok ini sering disebut dengan Tim Mata Kita, karena topik dan karya yang mereka angkat berkaitan dengan aplikasi pembuatan bantuan mata melalui relawan untuk penyandang tunanetra.

"Alhamdulillah, akhirnya mahasiswa UMSU sukses meraih penghargaan tertinggi di ajang bergengsi Pimnas yang diikuti universitas seluruh Indonesia," kata Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani, MAP yang baru kembali dari kunjungan kerja sama dengan universitas di  Malaysia, Minggu (4/12).

Menurut Rektor, penghargaan setara emas yang berhasil diraih mahasiswa  UMSU menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi di ajang Pimnas yang merupakan salah satu even bergengsi yang diikuti perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Muhammad Rionaldo sebagai ketua tim berulang kali mengucapkan syukur atas prestasi yang mereka raih. "Alhamdulillah, semua jerih payah kami selama persiapan mengikuti PIMNAS akhirnya mendapatkan hasil yang sangat memuaskan," ucapnya.

Sahran Saputra selaku Dosen Pendamping juga mengucapkan hal serupa. Dirinya merasa terharu, mengingat perjuangan mahasiswa bimbingannya yang telah berusaha dengan maksimal. "Sungguh tiada hasil yang mengkhianati usaha," katanya.

Disampaikannya, raihan prestasi di ajang Pimnas ke-35 di UMM menjadi sejarah tersendiri bagi mahasiswa dan UMSU, karena  untuk bisa meraih penghargaan bukanlah hal yang mudah. Para mahasiswa yang  bisa terpilih di ajang Pimnas harus benar-benar memiliki karya ilmiah inovatif untuk bisa bersaing di ajang yang diikuti kampus- kampus terbaik di Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh Tim Mata Kita ini menyumbang presentasi hasil yang begitu besar bagi UMSU, karena akhirnya mendapat peringkat 14 secara nasional, bahkan mengungguli kampus besar dan kampus negeri.

Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP menyambut gembira hasil yang diraih mahasiswanya. "Prestasi ini pasti membanggakan. Semua ini berkat kerja sama tim, dukungan lembaga dan Rektorat," pungkasnya. (nasti)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com