Cegah Penyakit Ngorok pada Hewan Kerbau Dinas Pertanian Madina Lakukan Vaksin

Sebarkan:
Dinas Pertanian Pemkab Madina melakukan vaksinasi pada hewan ternak. (foto:mm/ist)
MADINA (MM) - Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memberikan vaksin Septicaemia Epizootia (SE) dari Dinas Pertanian pada hewan ternak sapi dan kerbau, Kamis (26/1/2023).

Pemberian vaksin, vitamin dan anti biotik terhadap ternak ini dilakukan sebagai upaya dalam mencegah penyebaran penyakit Septicaemia Epizootia (SE) atau penyakit ngorok yang menyerang sapi dan kerbau saat ini di Madina.

Kepala Dinas Pertanian Madina, Siar Nasution didampingi Kepala Bidang Peternakan mengatakan, hingga saat ini sudah 72 ternak yang sudah di vaksin. "Hingga hari ini sudah ada 72 ternak yang sudah kita vaksin," kata Siar.

Dikatakan Siar 72 hewan yang divaksin itu berada dibawah naungan Puskeswan Panyabungan dan Puskeswan Bukit Malintang. "Ternak yang sudah kita vaksin itu terdiri dari 52 ternak di wilayah Puskeswan Panyabungan dan 17 ternak di wilayah Puskeswan Bukiit Malintang," terangnya.

Dengan penyuntikan vaksin yang dilakukan terhadap ternak sapi dan kerbau diharapkan bisa mendapatkan kekebalan tubuh, sehingga tercegah dari penyebaran virus penyakit ngorok.

Siar juga menyebutka. pemberian vaksin ini juga akan dilakukan di daerah Kecamatan Kotanopan dan wilayah Kecamatan Natal. Sejauh ini akibat penyakit ngorok sudah ada delapan ternak sapi dan kerbau yang mati mendadak. (Fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com