PUSKAPP FISIP USU Walid Mustafa Apresiasi KPU Medan dan Deliserdang

Sebarkan:

Walid Mustafa Sembiring. (foto/ist)
MEDAN (MM) - Pusat Kajian Pemilu dan Partai Politik (PUSKAPP) FISIP USU mengapresiasi KPU daerah di seluruh provinsi Sumatera Utara, khususnya KPU Kota Medan dan KPU Kabupaten Deliserdang yang kami amati secara langsung atas kinerja lembaga KPU yang baik dalam melaksanakan tahapan rekrutmen PPK untuk Pemilu 2024.

Demikian disampaikan Walid Mustafa Sembiring, Direktur Eksekutif PUSKAPP FISIP USU pada Rabu, (4/1/2023)

Disampaikan Walid Mustafa Sembiring, bahwa Tanggal 4 januari 2023 sesuai dengan jadwal tahapan seleksi Badan Ad Hoc yang dikeluarkan KPU, salah satu badan Ad-Hoc Komisi Pemilihan Umum (KPU) yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik secara serentak di masing-masing kabupaten/kota.

Karena itu, Ia berdasarkan hasil amatan PUSKAPP FISIP USU proses rekrutmen PPK di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, PUSKAPP FISIP USU menilai rekrutmen PPK kali ini lebih mudah, terbuka dan terpercaya.

Mudah karena seleksi ini telah mengadopsi Teknologi Informasi (TI) dalam tahapannya; setiap peserta bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi berbasis website (yang disebut SIAKBA/Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc) tanpa harus mengantarkan berkas fisik terlebih dahulu. Sehingga pendaftar bisa diseleksi administrasi lebih cepat karena berkas diterima secara digital.

Selanjutnya Setiap peserta yang lulus seleksi administrasi kemudian mengikuti ujian tertulis dengan metode CAT (Computer Assisted Test), dimana peserta akan mengetahui skor mereka masing-masing di layar komputer saat ujian berakhir. Setelah itu skor ujian seluruh peserta langsung diumumkan dengan cara ditempelkan di sekitar lokasi ujian tidak lama setelah ujian selesai",

Pengumuman skor nilai secara real time ini memenuhi unsur keterbukaan dan terpercaya dalam seleksi PPK kali ini. Dengan menggunakan metode ujian CAT dan pengumuman skor secara langsung kami meyakini tidak ada kesempatan untuk mencurangi hasil skor, karena setiap peserta telah mengetahui skor peserta lain meski belum diurutkan rangking-nya secara resmi.

Tahap selanjutnya peserta yang lulus ujian tertulis kemudian mengikuti tes wawancara, peserta langsung diwawancara oleh para anggota komisioner KPU daerah terkait yang dapat disaksikan oleh peserta lainnya. Wawancara ini terutama untuk mengetahui kualitas individu dan kesanggupan bekerjasama dalam penyelenggara Pemilu yang akan datang.

Direktur Eksekutif PUSKAPP FISIP USU mengucapkan selamat kepada KPU se-provinsi Sumatera Utara yang telah menyelesaikan rekrutmen PPK ini dengan baik, dan sekarang ini sedang memproses tahapan seleksi badan Ad-Hoc lainnya.

Panitia Pemungutan Suara (PPS), semoga kinerja baik ini terus berlanjut hingga tahapan pemilu 2024 selesai dan menghasilkan pemilu yang berkualitas. (rasum)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com