MTQ ke-54 Asahan Resmi Dibuka, Bupati Surya Berikan Penali Kasih kepada Juara Nasional

Sebarkan:
Bupati Asahan H. Surya BSc dan unsur forkopimda menyambut kafilah MTQ ke-54. (foto:mm/ist0 
ASAHAN (MM) – Ribuan umat Islam dari 25 kecamatan melakukan pawai ta’aruf pembukaan MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan, di Desa Perkebunan Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau, Senin (27/2/2023).

Pelepasan pawai ta’aruf dilakukan Bupati Asahan H. Surya BSc bersama seluruh unsur forkopimda Asahan.

Ketua panitia pelaksana MTQ ke-54, Buwono Prawana mengatakan, kegiatan dilaksanakan mulai Senin 27 Februari hingga 5 Maret, dengan jumlah peserta 473 kafilah putra dan 467 kafilah putri.

Cabang yang dipertandingkan, yakni Cabang Tilawah, Hifzil Qur'an, Hifzil Hadist, Khattil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Qira'ah Sab'ah Mujawwad, Qira'ah Sab'ah Murottal dan Karta Tulis Al-Qur'an. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Surya dan Wabup Taufik Zainal memberikan penali kasih kepada Juara II MTQ Nasional di Kalimatan Selatan (Kalsel) Cabang Tilawah remaja putra tahun 2022, Muhammad Daud Sitorus, sebesar rp75 juta.

Penghargaan juga diberikan kepada Juara III MTQ Nasional, Fahmil Quran Putri tahun 2022, Suhaila Rqahmi sebesar Rp50 juta.

Bupati Surya mengatakan, kualitas MTQ Asahan setiap tahun mengalami peningkatan, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan yang lainnya, walau belum maksimal sepenuhnya.

"Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri," pesan Bupati.

Bupati Surya berharap, kepada para Qari, Qori'ah, Hafidz, Hafizhah dan para penggiat Al-Qur'an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur'ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas. 

Bupati berpesan, agar para peserta dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhirnya pelaksanaannya nanti, menghasilkan Qari dan Qari'ah, Hafidz dan Hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event seleksi Tilawatil Qur'an Tingkat Provinsi dan Nasional. (Ismanto Panjaitan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com