Wakil Wali Kota Sibolga Wujudkan Harapan Warga, Bangun Gang Bagan dan Sorna

Sebarkan:
Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing, saat meninjau kondisi gang Sorna di Kelurahan Pasar Belakang Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Senin (7/2/2023). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Keinginan warga gang Bagan dan Sorna Sibolga untuk miliki jalan baru akhirnya terwujud. Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing telah memerintahkan instansi terkait dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) daerah itu untuk segera membangun kedua ruas gang itu.

Perintah itu disampaikan, karena orang kedua di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Sibolga itu prihatin setelah meninjau kondisi kedua ruas gang setapak di atas laut yang berada di Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota itu, Senin (6/2/2023).

Pantas melihat, kondisi badan jalan di beberapa titik di kedua ruas gang itu sudah rusak karena bencana dihantam gelombang laut, bahkan sampai putus. Di samping, kedua ruas gang juga telah berusia sekitar 26 tahun.

"Kita harapkan dalam tempo beberapa hari lagi, kita akan siapkan dan bangun kembali jalan ini seperti semula," kata Pantas, yang turun meninjau kedua ruas gang itu menyahuti laporan masyarakat dan atas perintah Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan. 

Pantas yang dipeninjauannya itu didampingi anggota DPRD, Herman Sinambela, Kepala Dinas PU, Arif Rahman, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sibolga, Marudut Situmorang, serta lainnya, tidak menampik jika warga telah lama meminta perbaikan itu. Apalagi kondisinya juga sudah rapuh atau goyang ketika dilalui.

"Ketepatan anggaran kita di PU juga tidak banyak dan di musrembang tidak menjadi plafon prioritas A, sehingga tidak dibangun. Jadi, mau tidak mau, jalan ini memang harus dibangun. Anggarannya kita harapkan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) akibat bencana alam. Seperti apa bentuknya nanti, sama seperti ini, cuma tidak model plat dwiker, tapi akan dicor dari ujung sampai ujung luar jalan ini," pungkas Pantas. 

Sementara itu, Kadis PU Sibolga, Arif Rahman berharap pihaknya sebagai pelaksana teknis dapat melaksanakan pekerjaan yang administrasi keuangannya berasal dari BTT tersebut dalam waktu dekat atau dalam bulan ini juga. 

"Sesuai dengan apa yang disampaikan Pak Wakil tadi, adapun perbaikan untuk Gang Sorna sepanjang 50 meter dan Gang Bagan 80 meter. Anggaran sekitar Rp800 Juta," kata Arif. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com