Berkah Ramadhan 1444H, Jurnalis Peduli Lingkungan Sibolga Santuni Anak Yatim

Sebarkan:

SIBOLGA (MM) - Jurnalis Peduli Lingkungan (JPL) Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah (tapteng) menggelar penyantuan anak yatim di Cafe & Resto Muhsin di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Senin (10/4/2023).

Ketua Panitia Pelaksana, Samsul Pasaribu, mengatakan kegiatan ini dapat dilaksanakan berkat dukungan banyak pihak, khususnya Danrem 023/KS dan PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola tambang emas Martabe di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Selain itu, momentum kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang memperkokoh silaturrahmi, khususnya antar sesama wartawan di Sibolga dan Tapteng, serta untuk memupuk kesetiakawanan sosial terhadap sesama, khususnya anak yatim di bulan penuh berkah Ramadhan 1444H.

"Bagi kami Ramadhan adalah bulan keberkahan, bukan hanya untuk yang menjalankannya tetapi secara umum adalah untuk kemanusiaan," ucap Samsul. 

Sementara itu, Koordinator JPL Sibolga Tapteng, Sukriadi Tanjung, mengungkapkan kehadiran JPL Sibolga- Tapteng merupakan bentuk komitmen jurnalis untuk ikut serta menjaga dan memelihara lingkungan melalui tugas dan fungsinya sebagai wartawan.

Intensitas pemberitaan terkait politik, kriminal, sosial kemasyarakatan dibandingkan dengan isu-isu lingkungan terpaut sangat jauh. Padahal persoalan lingkungan adalah persoalan keberlangsungan kehidupan di masa yang akan datang.

"Andai hal itu luput dari perhatian kita, maka kita seperti menyiapkan bom waktu bagi generasi yang akan datang, yang bom itu siap meledak kapan saja. Dan yang rugi adalah kita semuanya," jelasnya.

Sukri mengakui, kehadiran JPL Sibolga Tapteng berawal dari sebuah tantangan wartawan Medan yang ingin agar Sibolga dan Tapteng memiliki wadah berpikir dan bertindak terkait dunia jurnalistik yang concern terhadap isu-isu lingkungan.

"Maka, muncullah wacana pembentukan Jurnalis Peduli Lingkungan ini, dan kegiatan kita hari ini adalah sebuah perkenalan, semoga interaksi kita ke dapan semakin intens dan kepedulian kita terhadap lingkungan khususnya di Sibolga Tapteng semakin nyata," pungkasnya. 

Buka puasa dan penyantunan sekitar 20 anak yatim hari itu diisi dengan tausyiah agama oleh Al Ustadz, Kapten (Inf) Muhammad Arifin, dari Korem 023/KS, serta paparan singkat terkait sinergitas jurnalis dan kemanusiaan oleh pemerhati dan tokoh pemuda Sibolga, Hendra Sahputra. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com