Lima Tips Aman Ala PLN UID Sumatera Utara Hadapi Musim Penghujan

Sebarkan:

MEDAN (MM) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara mengimbau masyarakat agar tetap waspada listrik akibat cuaca ekstrem yang melanda sebagian daerah di Sumatera Utara beberapa pekan terakhir.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Madya Stasiun Meteorologi Belawan menyampaikan pada 1-20 Mei 2023 ada peningkatan curah hujan dengan kategori rendah hingga sedang. Kemudian, bulan Juni hingga Juli Sumatera Utara akan dilanda kemarau yang cukup panjang.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid mengimbau masyarakat Jumat (12/5/2023) untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya instalasi kelistrikan dirumah saat hujan lebat yang disertai angin maupun banjir.

“Menindaklanjuti prediksi PMG terkait adanya peningkatan cuaca ekstrem masih terjadi di sejumlah titik di Sumatera Utara seluruh unit PLN UID Sumatera Utara bersiaga untuk mengamankan sistem kelistrikan”, ujar Awaluddin.

Ia juga memastikan petugas PLN terus siaga di wilayah terdampak cuaca ekstrem bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kelistrikan guna menjaga serta melakukan pengamanan suplai listrik.

PLN juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti tips aman dan nyaman menggunakan listrik saat cuaca ektrem sebagai berikut:

  • Segera matikan listrik melalui Miniature Circuit Breaker (MCB) kWh Meter, jika air mulai membanjiri rumah atau ada kebocoran air yang mendekati aliran listrik.
  • Cabut peralatan listrik dari stop kontak. Kemudian, memindahkan peralatan elektronik ke tempat yang aman dan tidak terjangkau air.
  • Bila melihat potensi gangguan atau ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, agar masyarakat dapat melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara.
  • Waspada dalam mengendarai kendaraan.
  • Hindari tempat – tempat yang berpotensi terjadinya banjir bandang maupun longsor.

“Untuk mencegah bahaya sengatan listrik dan potensi gangguan kelistrikan yang lebih luas, PLN akan melakukan pemadaman aliran listrik, masyarakat dapat melapor melalui melalui aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123 atau menghubungi kantor PLN terdekat”, kata Awaluddin.

Dengan cepat dan sigap petugas PLN akan segera melakukan pemulihan aliran listrik di kawasan terdampak cuaca ektrem.(Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com