Anggota Polres Sibolga Aipda Hadi Sitanggang Raih Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023

Sebarkan:
Personel Polres Sibolga AIPDA Hadi Hamonangan meraih penghargaan di tingkat nasional. (foto:mm/ist)
SIBOLGA (MM) - Anggota Polres Sibolga, Aipda Hadi Hamonangan Sitanggang menorehkan prestasi tingkat nasional. Dia meraih apresiasi tertinggi dari pemerintah melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. 

Hadi, pria yang kesehariannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Kota Beringin, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga ini, meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023.

Penghargaan itu diterima Hadi pada pada acara "Gemilang Perpustakaan" yang berlangsung di Gedung Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada Rabu (11/10/2023) lalu. 

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, yang dihubungi, sangat mengapresiasi penghargaan prestisius yang diraih oleh anggotanya Aipda Hadi tersebut. 

Hadi diakuinya secara konsisten mampu meningkatkan "Gairah Literasi" kepada anak-anak dengan membuat Perpustakaan dan Rumah Belajar Komputer dan Bahasa Inggris Gratis.

"Tropy dan piagam penghargaan kepada Hadi itu diserahkan langsung oleh Kepala Perpusnas Indonesia, Muhammad Syarif Bando," ungkap Taryono.

Taryono mengakui, prestasi luar biasa Aipda Hadi Hamonangan Sitanggang dalam mendorong Literasi masyarakat telah membuat masyarakat di wilayah binaannya bangga. Penerimaan penghargaan tersebut menjadi bukti nyata komitmen Hadi untuk meningkatkan minat baca di masyarakat. 

"Dengan semangat yang menginspirasi, semoga prestasinya menjadi inspirasi bagi kita semua dalam memajukan Literasi di Indonesia," ucap Taryono. 

Berdasarkan data yang diterima medanmerdeka.com, selain pegiat literasi, sejumlah pejabat negara juga hadir menerima penghargaan itu, seperti Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Profesor Anwar Usman, yang juga mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023 Kategori Lifetime Achievement, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Kepala Perpusnas, M Syarif Bando mengatakan, berkat kerja keras bersama dari semua pihak dan pegiat literasi, Indonesia kini telah menempati urutan ke 7 dari 49 negara dalam Industry Penerbitan Global. 

Selain itu, Indonesia juga saat ini telah menduduki peringkat 16 dari seluruh negara di dunia dengan durasi membaca perminggu rata-rata 6 jam. 

Peringkat itu di atas Argentina, Kanada, Jerman, dan bahkan Amerika Serikat (AS). “Ini tentunya merupakan torehan yang baik buat perkembangan budaya literasi kita ke depan. Dan semua tidak terlepas dari peran serta semua pihak dan pegiat literasi yang bekerja terus menerus,” kata Syarif. (jhonny simatupang)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com