Mahasiswa UNPAB Magang Tenun di Dinas Koperasi UKM Medan, Padukan Tradisi dan Inovasi Dunia Kreatif

Sebarkan:
Sejumlah mahasiswa/i UNPAB belajar tenun di Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan. (foto/dok)
MAHASISWA dari Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) dengan penuh semangat dan rasa keingintahuan telah memulai perjalanan mereka dalam kegiatan magang yang unik di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perindustrian, dan Perdagangan Kota Medan. Kali ini, fokus magang adalah pelatihan tenun, memadukan tradisi dan inovasi di dunia kreatif Kota Medan. 

Para mahasiswa terlibat dalam program magang yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman praktis dalam seni tenun tradisional, yang merupakan warisan budaya yang berharga bagi masyarakat lokal. Mereka diberikan kesempatan untuk belajar dari para ahli tenun setempat dan menggali keindahan teknik serta motif tenun yang khas dari daerah ini.

Selama periode magang yang berlangsung 1,5 bulan dimulai tanggal 8 Mei 2023, mahasiswa tidak hanya memperoleh pemahaman mendalam tentang teknik tenun, tetapi juga diundang untuk menggali kreativitas mereka sendiri. Mereka merancang dan menciptakan karya tenun yang unik, memadukan tradisi dengan sentuhan modern.  

Selain itu, para mahasiswa juga memberikan kontribusi berharga dalam pengembangan produk tenun lokal. Mereka memberikan ide-ide segar untuk memperbarui desain, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya tarik produk tenun Kota Medan.

Dosen pembimbing bersama pegawai Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan memberikan arahan dan bimbingan bagi mahasiswa UNPAB. (foto/dok)
"Kegiatan magang ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh di bangku kuliah," kata Dosen Pembimbing, Dian Septiana Sari, S.Sos., M.SP.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang, yaitu Cindy Melati Putri, mengaku sangat senang bisa mendapatkan kesempatan untuk magang di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan.

"Saya mendapatkan banyak ilmu baru selama magang di sini. Saya juga mendapatkan pengalaman yang berharga," ujar Cindy. "Saya berharap kegiatan magang ini dapat bermanfaat bagi saya dan masyarakat," imbuhnya.

Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan,S.E.,M.M., mengungkapkan, rasa bangga melihat mahasiswa kami aktif terlibat dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya lokal. Melalui kegiatan magang ini, mereka bukan hanya belajar keterampilan praktis tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan seni dan kreativitas tradisional.

Kegiatan magang ini juga melibatkan kerjasama erat dengan komunitas tenun lokal. Para mahasiswa tidak hanya mendapat wawasan tentang teknik tenun, tetapi juga berbagi pengetahuan dan keterampilan mereka dengan komunitas, memberikan dampak positif pada pemberdayaan ekonomi dan sosial di wilayah setempat.

Para mahasiswa tidak hanya mendapatkan keuntungan pribadi dari kegiatan magang ini tetapi juga membuka peluang kolaborasi jangka panjang antara Universitas Pembangunan Panca Budi dan Dinas Koperasi Kota Medan. Ini menciptakan landasan bagi pertukaran pengetahuan dan pengembangan proyek-proyek yang mendukung komunitas lokal. (*)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com