Pemkab Langkat Gelar Pagelaran Budaya 2023 di Taman Tengku Amir Hamzah

Sebarkan:
Peserta pagelaran budayan 2023 melakukan pawai menuju Taman Budaya Tengku Amir Hamzah, Stabat Langkat.
LANGKAT (MM) – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH, membuka pagelaran kebudayaan 2023 di Taman Budaya Tengku Amir Hamzah, Stabat, Rabu (13/12/2023). Suasana tampak semarak, takkala Ketua TP PKK Hj. Endang Kurnasih Syah Afandin melepas 14 etnis melakukan pawai di Jalan Imam Bonjol menuju Taman Budaya T., Amir Hamzah, Stabat.

Kadis Pariwisata Langkat, Hj Nur Elly Heriani Rambe mengatakan, tujuan pegelaran kebudayaan untuk menanamkan rasa cinta budaya di kalangan generasi muda. Untuk itu, pemerintah daerah berperan aktif untuk melestarikan budaya lokal termasuk 14 etnis budaya yang ada di Langkat. Kegiatan ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 13-14 Desember 2024.

Nurdin Tarigan mewakili etnis mengaku bangga mengikuti pagelaran budaya yang digagas Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin melalui Dinas Pariwisata. Ia bersama etnis lain berharap, event ini menjadi agenda tahunan sehingga 14 etnis yang ada di Langkat dapat eksis.

Sementara, Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH  mengatakan kegiatan ini menunjukan kepada kita semua bahwa Taman Budaya T.Amir Hamzah ini dapat di pergunakan, yang selama ini kita lihat tempat ini tidak terpakai. "Dan nanti kita pikirkan juga untuk membenahi serta merawat taman ini," ujarnya. 

Langkat merupakan gudangnya etnis terlihat dari 14 etnis yang ada di Langkat. Langkat ini dikenal sebagai negeri Bertuah, negeri yang tidak pernah terjadi perselisihan antara etnis, semua saling menghormati, ini harus kita bina dan kita jaga.  

Mudah-mudahan acara ini terus berlangsung dan kita buat yang lebih meriah lagi kedepannya. "Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua etnis yang berhadir pada acara ini," ujarnya.

"Saya juga tahu persis terkadang anggaran yang disediakan tidak lah cukup untuk operasional pelaksanaan ini untuk diberikan kepada masing-masing etnis, tapi saya juga sadar karena kecintaan para sahabat-sahabat saya di masing-masing etnis yang membuat mereka mau berkorban waktu tenaga bahkan uang agar terlaksana acara ini dengan baik dan sempurna," tambahnya. 

Dalam kesempatan ini Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH juga menyerahkan bantuan berupa bantuan pangan kepada 2 orang masing-masing 1 karung beras, Soundsystem kepada 2 kelompok WKSBM, Bantuan produktif bibit ikan kepada 2 LPSK/Panti.

Bibit durian kepada kelompok Tani Ari Ersada desa Pulung Kecamatan Sirapit, Bibit Durian Sido Makmur Kelurahan Bela Rakyat Kecamatan Kuala, Power Tresher Multiguna kepada Kelompok Tani Mawar desa Ujung Bandar Kecamatan Bahorok.

Combine Harsvester Besar kepada kelompok Tani Bandar Sakti Desa Tanjung Keriahan kecamatan Sirapit, Bantuan Traktor kepada Kelompok Tani Suka maju desa perkotaan Kecamatan Secanggang, dan Bantuan Traktor kepada Kelompok Tani Paret Kaca Desa Teluk Kecamatan Secanggang, serta menyerahkan CSR Bank Sumut berupa Kursi Roda di Kecamatan Stabat dan Susu untuk 5 orang balita.

Pagelaran budaya dihadiri unsur forkopimda Langkat yakni, Kajari Langkat Mei Abeto  Harahap,SH, MH, Anggota DPRD Langkat Azmaliah,S.Ag, Ketua Persit Kodim 0203/LKT Oky Eko Prasetyo, Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga, Mewakili Dandim 0203/LKT Kapten INF Edi Susanto Danramil 07/STB, Mewakili Kapolres Langkat AKP Ferry A Kapolsek Stabat, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah dan Tamu Undangan.(mm/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com