RSUD Porsea Miliki Alat Pemeriksaan Gigi Tercanggih

Sebarkan:

TOBA (MM) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara meresmikan gedung dan alat Radiologi Dental Panoramic canggih untuk mendiagnosis struktur rahang dan kesehatan gigi yang hanya ada di empat (4) kabupaten yaitu, Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir, Selasa (19/12/2023).

Keberadaan alat ini sangat di butuhkan, mengingat gigi sangat rentan terinfeksi karena mulut merupakan sarana masuknya berbagai jenis makanan yang bisa bisa saja menempel di gigi sisa makanan, apalagi tidak dibersihkan secara teratur.

"Akibat infeksi pada gigi dapat menyebabkan, kehilangan gigi, peradangan ruang diantara paru -paru serta infeksi darah bakteri atau mediastinitis disamping infeksi dapat menjalar kejaringan lunak mulut dan wajah, menyebabkan pneumonia bahkan abses otak," ujar dr. Tommy Candilala Siahaan, Direktur RSUD Porsea.

Lanjutnya, Kecanggihan alat ini alat ini bisa tiga dimensi dalam memeriksa struktur komponen gigi dan rahang secara detail, selain merupakan layanan baru dan unggulan, juga satu - satunya di empat (4) kabupaten, sehingga tidak perlu merujuk keluar kota lagi, sehingga pasien cepat mendapat pelayanan medis karena lebih dekat.

Manfaatnya, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dokter gigi di Kabupaten Toba dapat menentukan kondisi kesehatan gigi dan mulut, menjadi dasar pengambilan keputusan medis untuk prognosis dan tindakan pengobatan kepada pasien.

"Sehingga dokter gigi kita, dapat menentukan dengan akurat obat apa yang diberikan kepada pasien, tidak lagi meraba - raba karena sudah dilakukan pemeriksaan rontgen dengan alat canggih. Alat ini bisa mendiagnosa keseriusan infeksi pada gigi agar cepat diatasi oleh dokter gigi," imbuh Tommy.

Direktur RSUD Porsea menyarankan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Toba untuk segera memeriksa jika ada keluhan di mulut khususnya gigi, jangan dibiarkan berkepanjangan apalagi tidak diobati bisa mempengaruhi anggota tubuh lainnya, berdampak sangat fatal untuk keselamatan jiwa seseorang.

Adapun peresmian gedung dan alat Radiologi Dental Panoramic di RSUD Porsea dilakukan langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus dengan menandatangani prasasti didampingi Direktur RSUD Porsea, dr Tommy Siahaan. (Nimrot)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com