Daftar Balon Walikota, Sulhan Sitompul Ingin Bangun Sibolga Lebih Baik

Sebarkan:
Balon Walikota Sibolga, Ahmad Sulhan Sitompul (tiga dari kanan) saat menyerahkan formulir pendaftaran kepada Ketua DPC PDIP Sibolga, Memori Evaulina Panggabean, Selasa (24/4/2023). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Putra daerah Sibolga, Ahmad Sulhan Sitompul, memastikan diri ikut berkontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2024. Dia terpanggil untuk membangun Sibolga lebih baik. 

"Ini harapan saya ke depan supaya rakyat lebih terbuka lagi melihat situasi dan kondisi yang ada pada saat ini,” ucap Sulhan, menjawab wartawan usai mendaftar sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota Sibolga di Kantor Sekretariat PDIP Sibolga di Jalan S Parman, Selasa (23/4/2024).

Pria yang pernah menduduki beberapa jabatan penting di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Sibolga sebagai kepala dinas (Kadis) ini mendaftar sebagai Balon Wali Kota ke PDIP Sibolga ditemani sejumlah ulama dan tokoh masyarakat (tomas) Sibolga. 

Pendaftarannya ke PDIP selaras dengan salah satu cita-cita politik Sulhan untuk membantu "wong cilik". Sulhan yang menjadi satu-satunya mantan birokrat yang maju mencalonkan diri sebagai Balon Wali Kota Sibolga ini juga ingin menggugah "wong cilik" untuk ikut bersama-sama membangun Sibolga. 

"Untuk itu, saya akan berusaha dan berharap bisa diterima dan diantar oleh PDIP. Sekalipun PDIP memiliki penilaian tersendiri untuk mendukung atau mengusung balon walikota dan wakil walikota, sebagaimana dengan parpol lainnya," tukas Sulhan.

Selain PDIP, Sulhan juga berencana mendaftar ke partai politik (parpol) lain yang membuka pendaftaran. Bahkan sebelum ke PDIP, Sulhan juga telah mendaftar ke Golkar dengan jabatan yang sama sebagai Balon Wali Kota Sibolga.

"Kalau partai lain buka, saya akan daftar. Saya serius maju dan berharap bisa mendapatkan dukungan parpol atau gabungan parpol untuk bisa meraih kemenangan di Pilkada Sibolga 2024," tukas Sulhan. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Sibolga, Memori Evaulina Panggabean, mengatakan, sejak pendaftaran dibuka pada 17 April 2024 lalu, sejumlah nama tercatat telah mengambil formulir pendaftaran di PDIP Sibolga dan beberapa di antaranya telah mengembalikannya sebagai bentuk pendaftaran.

Nama-nama tersebut di antaranya Robinsar Sinaga, Akhmad Syukri Nazri Penarik, Ahmad Sulhan Sitompul, Muhammad Fadhil Thoib Hutagalung, Dapot Sileang Sihite, Irmansyah Batubara, dan Sihar Sihite. 

"Lima nama terakhir tercatat sudah mengembalikan formulir dan secara resmi mendaftar. Sementara yang dua sisanya, rencananya juga akan datang untuk mengembalikan," ungkap Memori. 

Namun sebagaimana diketahui, ujar Memori, dalam penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, pihaknya dari PDIP Sibolga hanya akan mengajukan tiga nama balon walikota dan 3 nama balon wakil walikota ke DPD PDIP Propinsi. Oleh DPD Propinsi nantinya akan kembali menyeleksi dan selanjutnuallya meneruskan hasilnya ke DPP PDIP untuk ditetapkan.

"Artinya, sebelum pengajuan ke DPD, terutama agar namanya bisa diajukan ke DPD, kita berharap kepada seluruh balon yang telah mendaftar agar mempersiapkan diri masing-masing. Karena kita (PDIP Sibolga) berencana melakukan tahapan seleksi penyampaian visi dan misi setiap balon yang mendaftar ke PDIP," tuturnya. (jhonny simatupang)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com