Ditpolair Polda Sumut Amankan Puluhan PMI Ilegal Tujuan Malaysia

Sebarkan:
Ditpolair Polda Sumut Amankan Puluhan PMI Ilegal Tujuan Malaysia. (foto/ist)
BELAWAN (MM) - Dalam dua hari Dit Polairud Polda Sumut menangkap dua kapal motor tanpa nama membawa 31 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia di dua lokasi. 

Dirpolairud Polda Sumut Kombes Rudi Rifani dampingi Kabag Bin Opsnal AKBP Jenda K Sitepu, mengatakan, PMI Ilegal diamankan dari dua lokasi, yaitu perairan sungai Benteng Sirantau Pantai Cermin pada Sabtu (20/4/2024) mengamankan 24 PMI. Kemudian di Sungai Sei Silau Tanjung Balai pada Senin (22/4/2024) dini hari mengamankan 7 PMI. 

Dikatakan Kombes Rudi Rifani, pada Sabtu (20/4/2024) Kapal Patroli RIB 001 melaksanakan patroli perairan menyusuri Pantai Labu melihat satu unit kapal nelayan dengan banyak penumpang dalamnya. 

Selanjutnya melakukan pemeriksaan dan didapati 31 orang terdiri dari 24 diduga PMI ilegal, 5 kru kapal, agen, dan korlap.Belakangan diketahui kapal mengangkut PMI ilgal itu berangkat dari Sungai Benteng Sirantau menuju laut di Pantai Cermin untuk dipindahkan ke kapal besar Menuju Malaysia. Ke 24 orang PMI ilegal terdiri dari 14 orang berasal dari NTT, 1 orang dari Sumut, 1 orang dari Bengkulu, 8 orang dari Aceh. 

Sedangkan kapal patroli KP II - 2004 dan KP ll - 2022 berserta tektikal 001milik  Ditpolairud Polda Sumut melaksanakan patroli di seputaran sungai silau kabupaten asahan  sekitarnya guna jaga situasi kamtibmas di perairan dan mencegah masuknya barang-barang ilegal, penyelundupan, narkoba, penyelundupan manusia PMI ilegal lainnya yang masuk ke wilayah perairan Tanjung Balai Asahan.

"Pada Senin (22/4/2024) Sekira pukul 01.30 Wib kapal patroli menghentikan satu unit kapal tanpa nama yang berlayar dari sungai sei silau menuju  laut,di posisi .03. 10 .132996."N / 99'.49 '.484668." E bermesin mitsubisi ps 110. 4 silinder," jelas Dirpolairud Polda Sumut. 

Dari hasil pemeriksaan kata Dirpolairud Polda Sumut ini, petugas menemukan 7 PMI ilegal dewasa dari berbagai daerah di Indonesia, nakhoda dan seorang ABK kapal. 

Selanjutnya Komandan KP ll- 2004 dan KP ll - 2022  Aipda Ngatno SH MH. dan Aipda Rudi.Bripka ilham berserta personil melakukan pengawalan dan kapal di Adhoc ke Ditpolairud Polda Sumut. Selain itu juga Ditpolaitud Polda Sumut akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan BP2MI dalam proses penyelidikan. (Awal yatim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com