Antisipasi Inflasi dan Bantu Masyarakat, Disperindag Sibolga Gelar Pasar Murah 29-16 Mei

Sebarkan:
Kabid Perdagangan Disperindag Sibolga, Ananta Siregar ikut melayani pembeli di pasar murah di Jalan Alualu Sibolga. (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat menggelar pasar murah di empat kecamatan se Kota Sibolga.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Sibolga, Ananta Siregar, menjelaskan operasi pasar murah tersebut dimulai 29 April hingga 16 Mei 2024. Bahan pokok yang disubsidi di antaranya, beras, gula, minyak goreng dan telur.

Hal itu merupakan upaya Pemkot Sibolga untuk menjaga ketersediaan pasokan dan mengendalikan harga bahan pokok yang cenderung mengalami kenaikan. 

“Harapan kita, pasar murah ini mampu menekan inflasi di Kota Sibolga,” kata Ananta kepada wartawan di lokasi pasar murah di Jalan Peralihan, Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas, Kamis (2/5/2024).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2024, secara tahun ke tahun, Kota Sibolga mengalami inflasi sebesar 4,28% (yoy) dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 108,02. 

Inflasi secara tahun ke tahun (year on year) terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran, yaitu, kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 8,78 persen.

Sedangkan secara bulanan, pada periode yang sama (Maret), Kota Sibolga mengalami inflasi 0,72% (mtm) dan secara tahunan, Sibolga Inflasi 2,46% (ytd).

Menurut Ananta, hal yang paling penting dari gelaran pasar murah tersebut adalah untuk membantu masyarakat dalam memeroleh bahan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau.

“Bahan pokok bersubsidi yang dijual ke masyarakat dipastikan memiliki kualitas terbaik dengan harga di bawah harga pasar. Setiap kepala keluarga (KK) hanya bisa membeli satu paket berupa beras, gula, minyak, dan telur,” katanya.

Adapun jadwal operasi pasar murah di mulai dari Kecamatan Sibolga Utara, bertempat di Jalan Agus Marpaung depan Kantor Camat Sibolga Utara, pada 29 April. Kemudian di Jalan Katapang, depan Kantor Lurah Sibolga Ilir, pada 13 Mei. 

Kemudian, di Kecamatan Sibolga Kota, di Jalan Alualu depan SMPN 3 Sibolga, 30 April, dan di Jalan Albertus depan Asrama Katolik, 14 Mei. Selanjutnya di Kecamatan Sibolga Sambas, di Jalan Peralihan simpang Jalan Empat pada 2 Mei, dan di Jalan Peralihan simpang Jalan Asoaso, 15 Mei. 

Terakhir di Kecamatan Sibolga Selatan, di Jalan Sudirman simpang Tugu Ikan 3 Mei, dan di Jalan KH Ahmad Dahlan kawasan Rusunawa, 16 Mei. (jhonny simatupang)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com