Awal Tahun 2022 Cadangan Daya PLN UIW Sumut Masih Surplus

Sebarkan:

MEDAN - Di awal tahun 2022, ketersediaan daya listrik yang dimiliki PLN UIW Sumut mencapai 3.300 Mega Watt (MW). Ini menandakan daya yang dicadangkan masih surplus dari beban tertinggi pemakaian yang mencapai 2.500 hingga 2.600 MW.

"Kita memiliki surplus daya, oleh sebab itu sampai sekarang tidak ada dilakukan pemadaman," jelas GM PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung melalui Manajer UP3 Medan, Hariadi Fitriano, dalam diskusi awal Tahun 2022 "Gelegar Bincang Santai Kelistrikan PETIR Bersama GM PLN UIW Sumut"  dengan tema "Kolaborasi PLN dan Media dalam mewujudkan Keandalan Listrik Menuju Sumut Terang 2022" di Kafe Srikandi, Merdeka Walk, Medan, Senin (31/1/2022) sore.

Dalam diskusi yang dipandu Ketua PETIR Amru Lubis juga menampilkan pembicara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut H.Farianda Putra Sinik, Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UIW Sumut Yasmir Lukman, Ketua AKLI Medan, Zulham dan  dengan peserta diskusi seluruh pengurus dan anggota PETIR.

Selain surplus daya yang dimiliki, Hariadi juga menjelaskan, saat ini PLN terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dengan berbagai inovasi baru.

"Salah satunya layanan PLN Mobile. Kalau dulu masyarakat mengajukan pengaduan harus telepon ke nomor 123 dan dikenakan biaya pulsa, sekarang tidak lagi. Bisa langsung chatting dan segera ditindaklanjuti. Itu bukan hanya layanan gangguan tapi bisa untuk pemasangan baru," paparnya.

Selain layanan PLN Mobile, Hariadi juga menjelaskan, PLN saat ini sedang gencar-gencarnya membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memenuhi kebutuhan akan daya mobil listrik yang saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. "Sudah ada sekitar 10 mobil listrik dan 500an sepeda motor listrik di Medan," jelasnya.

Terakhir, Hariadi mengajak wartawan PETIR, untuk memberi edukasi dan mengimbau masyarakat untuk pemakaian daya listrik dengan bijak.

Sedangkan Manajer Humas PLN UIW Sumut, Yasmir Lukman mengaku senang dengan koordinasi antara pihaknya dengan Kelompok PETIR yang sudah terjalin dengan baik selama ini. 

"Sebelumnya saya mewakili GM PLN UIW Sumut menyampaikan permohonan maaf tidak bisa hadir, karena saat ini jadwal beliau sangat padat. Kami dari PLN akan semaksimal mungkin berkoordinasi dengan jurnalis, baik itu dari PETIR maupun wartawan lainnya. 

Mudah-mudahan dengan sinergi yang sudah terjalin ini bisa semakin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kelistrikan," singkatnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, H. Farianda Putra Sinik, SE, merasa antusias dengan sinergi yang terjadin antara PLN dengan para wartawan selama ini. 

Dijelaskan Farianda yang juga Pemimpin Umum dari Harian Medan Pos ini, berita-berita yang selalu diterbitkan para wartawan di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan, sudah sangat memenuhi kaidah jurnalistik yang ditetapkan organisasi kewartawanan, khusunya PWI dan Dewan Pers.

"Para wartawan ini harus lulus uji kompetensi agar bisa membuat berita dengan baik dan benar. Saya harapkan para anggota PETIR ini sudah semua lulus uji kompetensi," harapnya.

Menurutnya, saat ini PWI Sumut sedang mengagendakan beberapa pelaksanaan Uji Komptensi Wartawan (UKW) di tahun 2022 ini. "Agar semua wartawan yang ada di Sumut ini paham dengan UU Pers serta bisa menyajikan berita yang layak dan mengedukasi masyarakat," tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua PETIR Amru Lubis didampingi Sekretaris Said Ilham Assegaf dan Bendahara Iren Simanjuntak serta pengurus lainnya mengucapkan terimakasih atas partisipasi GM PLN UIW Sumut melalui Manajer UP3 Medan Hariadi Fitrianto, Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UIW Sumut Yasmir Lukman dan bimbingan serta arahan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE serta Ketua Akli Medan Zulham alias bang Zul Ganteng dalam kegiatan diskusi ini. "Kami berharap silaturahmi,  komunikasi serta kolaborasi ini akan terus berlanjut kedepannya," tukasnya.(AR/MM)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini