Bertemu Putin, Jokowi Ungkap Kepentingan Utama Kunjungi Ukraina - Rusia

Sebarkan:
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemua dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (foto/ist)
JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap tujuan utama dari kunjungannya ke Ukraina dan Rusia. Hal itu disampaikan Jokowi langsung di hadapan Presiden Rusia Vladimir Putin saat jumpa pers di Kremlin, Rusia. 

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak ada kepentingan apa pun terkait konflik Ukraina dan Rusia. Mantan Walikota Solo ini menegaskan, hanya menginginkan agar perang yang terjadi antara kedua negara tersebut segera dihentikan. 

“Saya sampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai,” tegas Jokowi dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/7/2022). 

Jokowi menyampaikan, akibat perang Ukraina dan Rusia rantai pasok pangan dunia mulai terganggu. Sehingga lanjut Jokowi berdampak bagi miliaran orang di dunia dan berharap perang segera diakhiri. 

“Dan rantai pasok pangan, pupuk, energi dapat segera diperbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang bahkan miliaran manusia,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Jokowi mengajak seluruh pemimpin dunia untuk tetap menjaga kondusifitas hubungan antar bangsa. Menurut Jokowi semangat damai harus dihidupkan. 

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai, dan semangat kerja sama. Hanya dengan spirit itulah perdamaian dapat dicapai,” pungkas Jokowi. (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini