Tiga Pesan Penting Jokowi sebagai Koordinadot KTT Asean - AS

Sebarkan:

JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga pesan penting pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN – Amerika Serikat.

Jokowi sebagai pimpinan koodinator dialog mengungkapkan hal tersebut di hadapan pimpinan negara ASEAN dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

“Saya menyampaikan tiga hal yang penting diwujudkan dalam kemitraan ASEAN-AS ini yakni perdamaian dan stabilitas kawasan, ketahanan kawasan dan global, serta masa depan berkelanjutan,” jelas Jokowi pada akun Twitter-nya @jokowi, Minggu (13/11/2022).

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan pimpinan ASEAN dan Amerika Serikat berkomitmen melahirkan berbagai kesepakatan yang saling menguntungkan. Jokowi mengatakan, ASEAN dan Amerika Serikat ingin melahirkan kemitraan yang bersifat komprehensif.

Mantan Walikota Solo ini mengatakan, upaya ASEAN dan Amerika Serikat merupakan respon terhadap situasi dunia saat ini. Menurut Jokowi, kerja sama yang kuat antar bangsa mampu melewati masa sulit dunia.

“KTT ini juga meluncurkan Kemitraan Komprehensif Strategis ASEAN-AS sebagai bagian dari solusi menghadapi situasi dunia yang sedang menghadapi tantangan luar biasa,” ujar Jokowi.

Diketahui, Jokowi memiliki berbagai agenda strategis pada KTT ASEAN di Kamboja kali ini. Jokowi juga melakukan berbagai pertemuan bilateral dengan berbagai pimpinan negara.

Selain itu, Jokowi juga memimpin berbagai pertemuan ASEAN dengan negara-negara mitra ASEAN, seperti Tiongkok. Amerika Serikat, hingga Kanada. Hal ini juga mempersiapkan keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN berikutnya. (mm/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini